Selasa, 02 Juli 2013

YESUS SANGGUP MENGATASI KEADAAN (Yohanes 2:1-10)

Kisah pesta perkawinan di Kana dengan air menjadi anggur adalah kisah yang benar-benar nyata. Kana adalah sebuah desa yang tidak jauh dari Nazaret dan seorang dari murid Yesus yang bernama Natanael berasal dari desa ini. Ada dua kemungkinan mengapa Maria dan Yesus serta murid-murid-Nya diundang dalam pesta perkawinan ini. Pertama, mungkin yang menikah masih ada hubungan keluarga dengan Maria dan Yusuf yang tinggal di Kana. Kedua, yang menikah ada hubungan keluarga dekat dengan keluarga Natanael. Biasanya pesta Yahudi disifatkan oleh minum anggur dan hiburan musik sebab pesta Yahudi umumnya berlangsung selama 7 hari bahkan lebih. Apa yang menyebabkan sampai tuan pesta kehabisan air anggur tidaklah penting bagi kita. Yang jelas peristiwa ini menyatakan siapa Yesus yang kita sembah itu. Dia sungguh luar biasa. Ada beberapa hal yang indah terdapat dalam kisah ini :

1.   Kehadiran Yesus dalam keluarga adalah mutlak
Anda harus mengundang Yesus menjadi Tuhan dan Raja dalam hidup dan keluarga anda. Anda harus belajar mengikutsertakan Yesus dalam setiap keadaan. Pastikan bahwa Yesus hadir dalam rumah anda dan jika anda dihadapkan pada kesulitan apa saja jangan panik, beritahukan itu kepada Yesus dalam doa dan permohonanmu. Lakukan apa saja yang Dia katakan melalui Firman serta tunduklah pada pimpinan Roh Kudus, anda akan melihat mujizat terjadi. Ketika air anggur habis, ibu Yesus hanya berkata kepada Yesus “mereka kehabisan anggur.” Sebuah pernyataan yang sederhana tanpa minta, hanya menyampaikan keadaan dan kesulitan dalam pesta. Tapi Maria tahu siapa sebenarnya Yesus.

Sebelum ia mengandung, malaikat telah memberitahukan identitas dari Yesus yang akan dikandung dan dilahirkannya. Dia adalah Tuhan. Dia memiliki segala kuasa dan ia tahu Yesus sanggup mengatasi masalah dalam pesta itu. Demikian juga anda, Yesus sanggup mengatasi persoalan anda.

2. Yesus sanggup mengubah air tawar menjadi anggur yang manis menyenangkan.
Bagaimana mungkin? Bagi Yesus tidak ada yang mustahil! Begitu banyak orang yang hidup seperti air tawar karena berbagai sebab. Ada istri yang tawar hati dengan suaminya, ada juga suami tawar hati terhadap istrinya. Ada orangtua yang tawar hati dengan anak-anaknya demikian juga sebaliknya. Dalam dunia kerja dan politik hal itu tidak asing lagi. Demonstrasi pekerja, masyarakat, mahasiswa, dan sebagainya membuktikan semuanya. Inilah kondisi dunia kita. Yesus berkata: bertambah banyaknya dosa kasih banyak orang menjadi tawar (Mat. 24:12). Ada orang yang tawar hati karena melihat tanggung jawabnya yang berat dan ia tidak punya kemampuan untuk melakukannya, seperti Yosua (Yos. 1:9; 8:1). Bagaimanapun, sikap ini tidak akan menolong hidup anda. Solaiman berkata, “Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu” (24:10). Cara yang paling jitu jika anda tawar hati adalah datang pada Yesus, Dia sanggup mengubah suasana hati dan hidup anda. Firman Tuhan berkata, “Katakanlah kepada orang yang tawar hati : “Kuatkanlah hati, jangan takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran dari Alah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!” (Yes. 35:4). Jika Yesus sanggup mengubah air menjadi anggur, Dia juga sanggup mengubah keadaan hidup, rumah tangga dan usaha anda menjadi berkat yang menyenangkan.

3. Yesus sanggup membuat hidupmu nikmat (enjoy)
Perhatikan setelah kepala pesta dan sudah tentu para tamu juga mengecap anggur yang dibuat Yesus semua mengakui enak, dan mereka semua menikmatinya sebagai anggur yang terbaik (9,10). Anda dapat membayangkan bagaimana suasana pesta dan wajah orang-orang ketika mereka minum anggur dari Yesus. Semua senang, tersenyum, berpandang-pandangan satu dengan yang lain. Sungguh nikmat! Tahukah anda kenikmatan hidup yang sejati hanya ada di dalam Yesus. Jika anda hidup bersama Yesus, hidup anda apapun adanya pasti nikmat. Dia sanggup memberikan anda sukacita yang berkelimpahan melebihi dari sukacita ketika orang berkelimpahan gandum dan anggur (Maz. 4:8,9). Semua yang minum anggur buatan Yesus merasa puas, kepuasan yang lain dari anggur biasa. Kepuasan yang sejati tidak ada dalam dunia ini. Kepuasan sejati hanya ada dalam Tuhan Yesus Kristus. Sebab kepuasan yang sesungguhnya adalah milik TUHAN. Manusia tidak akan menemukan / memperolehnya dengan cara apapun kecuali ia menerimanya dari Tuhan Yesus sebagai Raja Damai. (Yoh. 14:27; 16:33). Mazmur 17:15; Ams 19:23; Maz 103:5; 107:9.







4 komentar:

  1. Keren tafsirnya..
    Hehehehe.......
    Mungkin...mungkin.....

    Firman ya dan amen.....
    Bukan mungkin

    BalasHapus
  2. firman yesus adl satu2nya juru selamat memang ya dan amin, tapi klo pnjelasan diatas itu ga ada salahnya dgn mngatakan kmungkinan kmungkinan klo cma tafsir atau prkiraan kok yesus di undang bagaimana utk iya dan amin klo alkitab sndiri ga mmberi pnjelsan yang psti?

    BalasHapus
  3. firman yesus adl satu2nya juru selamat memang ya dan amin, tapi klo pnjelasan diatas itu ga ada salahnya dgn mngatakan kmungkinan kmungkinan klo cma tafsir atau prkiraan kok yesus di undang bagaimana utk iya dan amin klo alkitab sndiri ga mmberi pnjelsan yang psti?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...