Rabu, 17 Juli 2013

TUMBUH, BERBUAH, GEMUK & SEGAR (Maz. 92:13-16)


Kalau anda melihat sebuah pohon penuh ranting, daun-daunan yang hijau & buah yg banyak, pohon tersebut tadinya ada dalam bentuk benih. Namun sebaik atau seunggul apapun sebuah benih kalau anda taruh di lantai, benih itu tidak berguna karena dia tetap benih kecil saja. Sebaliknya kalau anda menanam dengan cara yg benar maka benih tersebut akan pecah lalu tumbuh &  berbuah. Jadi cara untuk bertumbuh, berbuah, gemuk & segar adalah harus ditanam dengan cara dan di tempat yg benar. Botanist mengatakan bahwa ada 3 cara yang membuat benih itu tumbuh, berbuah, gemuk & segar.

1. Panas Akan Membentuk Benih (Anda)
Benih butuh panas matahari supaya dia pecah & bertumbuh. Ams. 27:17, “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” Firman ini berbicara tentang pembentukan. Untuk membentuk sebuah besi & dijadikan alat2 yg berguna dibutuhkan panas, demikian juga manusia. Panas perlu  untuk menjadikan anda lebih baik kalau anda dapat bertahan. Begitu banyak orang tidak tahan menahan panasnya situasi perekonomian ataupun pekerjaan sehingga mereka lari. Namun lari dari situasi tidak akan memberikan keuntungan bagi kita. Banyak kali Tuhan mengizinkan kita berjalan di atas api bukan untuk membinasakan kita tetapi untuk membentuk kita menjadi seperti yg Dia inginkan (2 Tim 2:21). Di dalam masyarakat, gereja dan keluarga, anda sering mengalami gesekan satu sama lain. Itu terjadi karena ada kedekatan satu dengan yg lain. Gesekan tidak terjadi dengan orang yg jauh dari kita. Suami-istri sering terjadi pertentangan karena hidup bersama. Dan ini memperkaya dan membentuk mereka menjadi lebih sabar, lembut & mengerti pasangannya.
Sebuah ilustrasi yg baik digambarkan oleh wortel, telur & bubuk kopi. Ketiganya dimasukkan ke dalam panci yg berisi air lalu dimasak kemudian dikeluarkan. Wortel yg tadinya keras telah menjadi lembek. Telur yg tadinya rentan, mudah pecah & encer dalamnya telah menjadi keras. Bubuk kopi yg tadinya tidak enak sekarang mengeluarkan minyak & bau harum yg
 menyenangkan. Perhatikan wortel, telur diubah oleh lingkungannya. Kopi mengubah lingkungannya dengan aromanya yg harum. Bagaimana dengan anda? Apakah anda diubah oleh lingkungan atau mengubah lingkungan? Sadar atau tidak sadar bahwa setiap manusia punya aroma yg khas. Pertanyaannya, kira2 aroma apa yg keluar kalau orang dekat dengan anda? Apakah anda bau Yesus, bau harum, jujur, lembut, tulus, dapat dipercaya dan menyenangkan atau sebaliknya? Saudara, panas akan membentuk anda, jika tidak, anda akan karatan seperti besi yg tidak dipanaskan.

2. Kelembaban Akan Merawat Anda
Benih tidak hanya terexpose dengan panas di dalam tanah, tetapi juga benih itu terexpose dengan kelembaban. Kelembaban bicara soal kadar air di dalam tanah, karena air itu yg akan menghantarkan semua nutri sari makanan yg ada dalam tanah lewat air & bantuan akar. Nutri sari makanan didistribusikan ke seluruh tanaman. Air adalah media yg menghantar makanan yg dibutuhkan benih untuk tumbuh. Lewat kadar air, kelembaban benih terpelihara. Kalau kadar air atau kelembaban tidak cukup maka benih itu tidak akan tumbuh dengan baik. Pohon yg punya kadar air yg cukup dapat dilihat dari daunnya. Daunnya bisa hijau sangat tergantung kepada kadar air yg ada pada pohon tersebut. Kalau pohon daunnya berwarna coklat kekuning-kuningan pertanda kurang air (kelembaban kurang). Seandainya pohon itu bisa bicara, dia akan berkata, “Tolong sirami aku.”
Demikian juga kalau jiwa & rohani anda kering anda butuh kelembaban, jika tidak anda akan mati segera. Kelembaban bicara hadirat Tuhan, Roh Kudus yang menyegarkan jiwa kita (Yeh. 36:25-27; Yoh. 7:38,39; Maz. 16:11). Hadirat Tuhan datang waktu kita merenungkan firman, mendengar firman, memuji & menyembah, berdoa dan bersekutu dengan orang2 yg rohani.
Yer. 17:7-8, “Diberkatilah orang yg mengandalkan Tuhan ... Ia seperti pohon ... yang daunnya tetap hijau....”
Manusia diciptakan untuk hidup di hadirat Allah. Kebutuhan manusia yg utama dari mulanya adalah hadirat Tuhan. Karena di mana ada hadirat Tuhan di situ ada kelepasan, kesembuhan, sukacita, kekuatan, berkat yg baru & ada kelimpahan. Tanpa hadirat Tuhan anda akan kehilangan keindahan dalam hidup. Hidup anda hambar & tidak sejahtera.
Thomas Sullivan dari Babson Collage mengatakan: “Mereka yg membawa nilai2 spiritual mereka ke tempat kerja lebih merasa gembira, lebih produktif & bertahan lebih lama di tempat kerja mereka.”

3. Tekanan Akan Membangun Kekuatan
Tekanan dari luar akan membuat benih mengakar kuat ke bawah. Maz. 92:13, “Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon.” Ada persamaan antara 2 pohon ini: keduanya sama2 tegak, tinggi & kuat. Pohon korma  perlu ditanam di kedalaman 2 meter & jarak 10 meter. Jadi kalau menanam pohon korma di ember, jangan mimpi akan tumbuh. Bahkan dalam 1 hektar maksimal yg bisa ditanam adalah 100 pohon karena perlu jarak. Kalau anda menanam pohon korma, begitu benih itu ditanam maka di atasnya ditaruh batu yg besar & berat supaya dia bisa mengakar lebih dalam terlebih dahulu. Ketika ia menemukan sumber air maka tunas pohon korma mulai menggeser batu
 yang besar & berat di atasnya. Begitu banyak orang yg ingin cepat muncul di luar tanpa berakar. Untuk berakar ke bawah dengan kuat anda harus seperti pohon korma ditekan dari atas. Kedalamanmu menentukan ketinggianmu. Gedung2 pencakar langit tinggi menjulang bertumpu pada fondasi yg dalam & kuat. Orang yg menerima warisan kekayaan dari orang tuanya tanpa orang tersebut mengalami tekanan, biasanya tidak bertahan lama. Demikian juga secara rohani. Orang yg punya karunia & melayani dengan semangat tetapi kalau belum mengalami tekanan yg berat biasanya gampang jatuh dalam dosa & gagal. Tanpa tekanan akan membuat anda rapuh. Tanda kedewasaan adalah kemampuan menghadapi & mengatasi konflik. Lukas 9:23, Kata-Nya pada mereka semua : “Setiap orang yg mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari & mengikut Aku.”
Ada 3 akar persoalan :
1. Karena Iblis, kuncinya ditengking.
2. Karena dosa, kuncinya mengaku dosa & bertobat.
3. Karena salib, kuncinya dipikul dengan rela hati.

Roma 8:28 : “ Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Saudaraku, jika anda mengalami panas, kelembaban & tekanan jangan cepat mengambil kesimpulan, itu bagian dari proses anda Bertumbuh, Berbuah, Gemuk & Segar.
1. Tuhan tidak berjanji bahwa anda tidak melewati api, tapi saya tahu nyala api tidak manghanguskanmu. Sebab itulah janji-Nya.
2. Tuhan tidak berjanji bahwa anda tidak melewati lembah kekelaman tetapi yg saya tahu tongkat & gada-Nya akan menghibur kita. Sebab itulah janji-Nya.
3. Tuhan tidak berjanji bahwa anda tidak melewati air bah tetapi yg saya tahu air tidak menghanyutkanmu. Sebab itulah janji-Nya.
4. Tuhan tidak berjanji bahwa anda bebas dari serigala & singa tetapi Dia berjanji akan menyelamatkan anda.
5. Dia tidak berjanji hidup tanpa air mata & tekanan tetapi Dia berjanji memberikan Roh Kudus - Roh Penghibur kepadamu.

3 komentar:

  1. Luar biasa renungannya saya diberkati sekali.

    BalasHapus
  2. Luar biasa renungannya saya diberkati sekali.

    BalasHapus
  3. Terimakasih untuk Renungannya, Tuhan Yesus Memberkati anda sekeluarga,,,

    BalasHapus

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...