Kamis, 18 Juli 2013

KARAKTER ROHANI (Yeh. 36:26,27)


Firman ini berbicara tentang pemulihan Israel secara lahiriah dan rohani, dan Israel akan menikmati janji ini yang akan digenapi pada saat Kristus datang mendirikan kerajaan-Nya. Tetapi dalam Kristus, Firman ini dikaruniakan kepada gereja sebagai “Israel Baru” oleh Roh Kudus. Dalam Kristus janji-janji Tuhan kepada Abraham, Ishak, Yakub dan bangsa Israel melalui para nabi telah menjadi milik orang percaya (Ef. 1:11-14;
Gal 3: 29; 4:4-7). Di dalam Kristus juga, Gereja mendahului Israel dalam penggenapan janji-janji-Nya dengan pengalaman-pengalaman rohani yang menakjubkan.

1.  Tujuan Allah bagi Gereja-Nya.
Jemaat adalah ciptaan baru oleh Roh Kudus dalam Kristus untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang baik (Ef. 2:10). Sebagai ciptaan baru, orang percaya bertumbuh dalam kebenaran dan “yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” ( 2 Kor 5:17). Ketika anda bertobat, menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, Roh Kudus menanamkan sifat ilahi dalam diri anda melalui kehadiran-Nya dalam hidup anda (1 Yoh 3:9; 2 Pet 1:3-4). Tujuan-Nya adalah agar anda bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus. Ini adalah rencana  Allah bagi anak-anak-Nya (Roma 8:29). Orang percaya dirancang untuk mempresentasikan hidup Kristus, “mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak terselubung” (2Kor 3:18). Kata ‘kemuliaan’ berarti bobot atau nilai, reputasi dan kualitas diri. Jadi Tuhan mau agar hidup anda menyatakan kualitas dan bobot diri Tuhan Yesus Kristus atau karakter Kristus yang mulia dan agung itu dalam hidup anda.

2.  Ciri-ciri Karakter Rohani
Karakter rohani adalah Pekerjaan Roh Kudus. Dan ini tidak mengubah identitas anda tetapi mengubah hati dan pikiran anda, sifat dan kesenangan-kesenangan anda menjadi seperti Kristus. Dalam surat-surat kiriman para Rasul, Kristus berbicara banyak tentang sifat-sifat rohani orang yang percaya dan Rasul Paulus oleh ilham Roh Kudus merangkum semua sifat rohani dengan apa yang disebut sebagai buah Roh Kudus (Gal 5:22-23 -- baca kembali). Sifat-sifat ini tidak bersumber dari manusia tetapi dari Roh Kudus. Sembilan buah Roh adalah Karakter Kristus yang ditanamkan oleh Roh Kudus dalam hidup orang percaya. Ketika anda hidup dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus, anda akan bertumbuh dalam karakter Kristus ini. “ Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri”. Sungguh indah dan menakjubkan.

3.   Keuntungannya
“Tidak ada hukum yang menentangnya.” Ini adalah pernyataan yang luar biasa. Maksudnya, jika anda hidup memiliki karakter Kristus tersebut (Buah Roh), anda akan terbebas dari semua masalah, beban dan tekanan hidup. Sumber dari semua masalah, kekacauan, ketidak-nyamanan hidup adalah sifat karakter manusia yang berdosa(Yak 3:14-16; 4:1,2. Band. 2 Tim 3:1-5. baca). Karakter Rohani bukan saja akan membuat kita terlepas dari berbagai masalah tetapi membuat hidup anda nikmat di dunia ini. Dengan demikian anda benar-benar akan menjadi “garam” dan “terang” dunia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...