Jumat, 19 Juli 2013

Roh Kudus Tinggal Dalam Diri Anda (Yoh 14:16,17; 1 Kor 6:19)


Dua garis pengajaran tentang Allah dalam Perjanjian Baru: ke-Esaan Allah dan ke-Tritunggalan Allah. Tiga oknum ilahi dalam keallahan. Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus. Semua usaha manusia untuk menjelaskan ketritunggalan Allah tidak memuaskan sebab kebenaran ini adalah suprarasional. Allah tidak terbatas dan manusia terbatas. Hidup Kristen adalah ciptaan baru yang dikerjakan dan didiami oleh Roh Kudus. Hidup Kristen tidak dapat dipisahkan dari Roh Kudus. “ Hidup di dalam Roh, berjalan di dalam Roh, penuh Roh Kudus” adalah kata-kata yang beulang kali kita baca dalam Firman Allah sekaligus menggaris-bawahi kekristenan sejati.

Kekristenan sejati bukan pendeta, pelayan atau aktivis gereja tetapi orang yang penuh dengan Roh Kudus. Saya akan berbicara tentang kebenaran penting ini dengan harapan kebenaran-kebenaran ini akan memerdekakan dan membawa kita pada pengalaman-pengalaman adikodrati di dalam iman.

1.  Siapakah Roh Kudus itu?
Roh Kudus adalah oknum ke-tiga dari Allah Tritunggal. Dia adalah pelaksana rencana dan kehendak Allah dalam dunia ini. Segala yang di bumi ini berada dalam pengawasan-Nya. Segala makhluk bergantung pada kehadiran dan pemeliharaan Roh Kudus (Maz 104 : 27-30). Dialah yang membuat bumi ini layak didiami dan membawa kehidupan di dalamnya (Kej 1:2).  Dia adalah pribadi yang sama dengan Allah, Maha Kuasa, Maha Tahu dan Maha Hadir.

2.  Roh Kudus Tinggal dalam Diri Anda (Yoh 14:17).
Roh Kudus ada dalam diri anda yang percaya. Sebab Dia diberikan sebagai penolong ilahi untuk anda (Yoh 14 : 17). Kehadiran-Nya adalah kehadiran Trinitas dalam diri anda (Yoh 14:18,23). Roh Kudus menjadikan “tubuh” anda sebagai tahta-Nya (1 Kor 3:16; 6:19). Wauw, ini luar bisa, mengagumkan!
Kehadiran-Nya adalah meterai milik Allah atas hidup anda. (Roma 8 :9; Eph. 1: 15). Jadi hidup anda bukan lagi milik anda tapi Kristus. Sebagai pemilik, Dia bertanggung jawab penuh atas hidup anda. Surga mengenal anda karena Roh Kudus dalam hidup anda. Ada kuasa yang dahsyat bekerja dalam diri anda (Ep. 1:19) dan setan tidak punya kuasa atas hidup anda.

3.  Kebenaran yang harus Diketahui dan Disadari oleh Umat Tuhan
Setan berusaha mengalihkan perhatian umat Tuhan pada hal-hal yang bersifat lahiriah sehingga mereka kehilangan kesadaran siapa dirinya yang sebenarnya. Inilah yang terjadi dengan jemaat Korintus. Sehingga yang mereka idolakan dan tokohkan, puji serta kagumi bukanlah Kristus tetapi keunggulan-keunggulan manusiawi. Dan Rasul Paulus berkata,” Tidak tahukah kamu, bahwa hidupmu adalah bait Allah?” 
Pengetahuan dan kesadaran kita akan Roh Kudus diam dalam diri kita membebaskan kita dari dosa dan mengubah  pikiran-pikiran duniawi kita terpusat pada hal-hal rohani (Roma 8 : 2-5). Membuat kita terpikat dengan Tuhan (1 Kor 6 :17). Membebaskan anda dari ketakutan dan kecemasan. Mengapa, sebab hidup anda bukan milik anda lagi melainkan milik Kristus. Dan setiap masalah, pergumulan dan keperluan anda  menjadi urusan Tuhan. Apa yang kita usahakan ialah hidup dengan iman pada Kristus yang mengasihi kita. 

Teruslah maju, kerjakan dan usahakan apa yang kita dapat dengan sebaik-baiknya, dan Tuhan yang akan menyelesaikan semua bagi kita. Tuhan tidak jauh dari anda. Dia ada di dalam diri anda. Kehadiran-Nya membuat semua kemungkinan yang terbaik terbuka bagi anda. Ada kuasa yang tak terbatas dalam diri anda. Jangan menyerah pada kegagalan, semua potensi untuk berhasil ada dalam diri anda dan raihlah. Keberhasilan itu bukan oleh kuat dan keperkasaan anda tapi oleh kuasa Roh Kudus. Mujizat di tangan anda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...