Jumat, 19 Juli 2013

Yesus Adalah Tuhan Atas Kelimpahan (Yoh 6 : 1-13)


Menarik untuk memperhatikan bahwa kisah Yesus memberi makan 5000 orang laki-laki ini adalah satu-satunya mujizat yang dicatat oleh keempat injil. Nampaknya peristiwa ini punya makna yang sangat penting sehingga semua penulis Injil digerakkan oleh Roh Kudus mencatat peristiwa ini.  Ini dapat dimaklumi karena mujizat ini mempertontonkan kepedulian Yesus dan kemampuan-Nya untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yakni makanan.  Makanan adalah kebutuhan primer manusia. Kita boleh punya rumah yang mewah, mobil, barang2 canggih tetapi kalau tidak punya makanan semuanya itu tidak ada artinya. Tahukah anda kebutuhan dasar ini telah menyebabkan orang berani mengambil resiko, mencuri, merampok, menipu bahkan membunuh. Kisah ini menyatakan kepada kita bahwa kita mempunyai Tuhan Yesus Kristus yang sanggup memberkati sehingga anda dapat makan sampai puas.

     1.     Yesus begitu peduli dan tahu jika anda lapar.
 a.  Ayat 5, menyatakan kepedulian-Nya.
Yesus yang berinisiatif memberi mereka makan. Ia bertanya kepada Andreas ( dlm Injil synoptis Yesus memerintahkan murid-Nya memberi mereka makan).
b. Matius 6 , Yesus mengajar agar kita tidak perlu kuatir tentang apa yang kita makan dan minum. Kita ditantang untuk percaya dan mencari kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, dan keperluan kita pasti akan tercukupi.

     2.    Yesus minta umat-Nya, orang yang mengikuti Dia, percaya dan   tenang.
 a.  Mereka disuruh duduk saja dan menanti dengan tenang.  Mereka semua sudah kelaparan karena seharian belum makan, pasti ada yang loyo, mau pingsan dsb.
 b. Filipus pusing dan menentang – dan kebanyakan orang seperti Filipus kalau dihadapkan pada hal2 yang tidak mungkin. Mengapa? Sebab kita cenderung melihat yang tidak mungkin. Sebaliknya Andreas melihat kemungkinan yang dapat terjadi sekalipun irrasional.
 c. Penanganan Yesus atas semua situasi selalu menantang umat-Nya untuk tenang. “ Tenanglah! Ini Aku, jangan takut!”  Ams 14 : 30a, berkata : “hati yang tenang menyegarkan tubuh.
 d. Yesus menyuruh mereka tenang dan duduk sebab Dia tahu apa yang Dia lakukan  ( ayat 6).
 e. Semua yang duduk hanya memandang pada Yesus sebab Yesus berada di ketinggian sehingga semua mata memandang padaNya (ayat 3). Apa yang perlu? Hanya memandang pada Yesus ( mungkin Yesus waktu itu berdiri di ketinggian ) Maz 62 :2,6. 1 Pet. 4 : 7 “ Kesudahan segala sesuatu sudah dekat, Karena itu kuasailah dirimu, jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. “

  3.   Yesus memberi mereka makan sampai kenyang (ay 12 a)
  a. Tuhan kita luar biasa. Dari semua agama di dunia hanya Yesus yang berbuat seperti ini. Semua cerita hebat, spektakuler tentang perbuatan atau peristiwa dari nabi agama2 dunia ini tidak ada yang real, hanya cerita dongeng belaka. Mengapa, karena tidak ada saksi mata dari semua kejadian tersebut. Tetapi Yesus, semua kisah perbuatan-Nya yang ajaib, dilakukan-Nya di hadapan orang banyak. Sehingga apapun kisah tentang Yesus sampai pada kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke surga semua ada saksi mata, yang melihat langsung semua kejadian itu. Sebuah peristiwa atau perbuatan yang ada saksinya kebenarannya dapat dipercaya (Bil 35:30; Ul 19:15; Mat 18:16).
  b. Ams 13 : 25 “ Orang benar akan makan dengan kenyang, tetapi perut     orang fasik akan menderita kekurangan.”
   Yesus sanggup memberkati anda dan bersama dengan Yesus anda tidak akan kelaparan.  Maz 34 : 11: “ Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang takut akan TUHAN tidak kekurangan sesuatu yang baik.”  Maz 37 : 25,26 - baca.

   4.   Yesus s
anggup mengubah yang sedikit menjadi berkelimpahan - “sisanya  12 bakul.

   a. Berkat berkelimpahan adalah janji Tuhan. Tuhan berjanji kepada Israel suatu        tempat yang limpah (Kel. 3 : 8; 33:5).
   b. Ulangan 28 : 12; Maz 135 : 15 ; Ams 3 : 10.
   c. Yesus berkata : Yohanes 10 : 10.
       Marilah jadi seperti Andreas yang melihat kepada Tuhan dengan segala       kemungkinan. Kita hanya menginformasikan kepada-Nya keadaan yang ada dan berharap Dia pasti akan bertindak.

 Kesimpulan :
1.    Dalam dunia yang semakin sulit ini marilah kita setia dan percaya bahwa Yesus sanggup    memberkati dan mencukupi segala kebutuhan kita.
2.   Yesus tidak ingin melihat anda kelaparan dalam dunia ini. Anda adalah anak Allah, warga kerajaan Allah. Sebagai warga kerajaan Allah anda memiliki jaminan yang pasti dari Yesus yang mengasihi anda.
3. Yesus telah berjanji memberkati anda dengan kelimpahan. Percayalah bahwa apapun yang anda kerjakan anda akan diberkati Tuhan.
4. Jangan mengecilkan, meremehkan hidup anda, pekerjaan & usaha anda. Jika Yesus sanggup melipat-gandakan 5 ketul roti & 2 ekor ikan memenuhi kebutuhan makan 5000 orang laki-laki saja, Dia juga sanggup membuat yang sedikit, yang kurang pada diri anda menjadi berkelimpahan. Serahkanlah yang sedikkit, yang kurang yang ada padamu ke tangan Yesus, segala kemungkinan akan terjadi.
 MIRACLE STILL HAPPENED!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...