Selasa, 02 Juli 2013

BERKAT MENGUCAP SYUKUR ( Maz 100 : 4,5 )


“Terima kasih” adalah salah satu kata yang paling sedap didengar. Orang tua merasa senang dan puas bila mendengar anak-anaknya berkata, “terima kasih mama, terima kasih papa.” Semua jerih payah pengorbanan mereka membesarkan dan mencukupi kebutuhan anaknya terpuaskan ketika mereka mendengar anaknya mengucapkan terima kasih. Dunia kita sedang stress bahkan banyak yang depresi karena berbagai kemelut. Kondisi semacam ini mengglobal, tidak hanya menimpa kaum miskin (the have not) tetapi juga kaum the have di seluruh dunia. Firman Allah memberikan kita cara yang paling efektif mengatasi dan menemukan hidup yang kuat, kokoh dan tahan atas berbagai goncangan dengan belajar mengembangkan gaya hidup berterima kasih dan memuji Tuhan dalam segala sesuatu.

1. Dasar Ucapan Syukur & Pujian Kristen
Ucapan syukur Kristen tidak bersumber atas berkat-berkat jasmani melainkan,  Pertama, keberadaan Allah, pribadi Allah itu sendiri. Nafas dan jiwa ucapan syukur, pujian Alkitabiah adalah pribadi Allah, karkter-Nya yang yang mulia, maha kuasa, maha hadir, maha tahu, tidak berubah ... ( lain kesempatan kita akan membahas atribute  absolute - incommunicable dan atribute relative – communicable Allah yang diagung-agungkan para Pemazmur). ”Dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.” (Maz 37:4). ”Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian sepanjang hari, dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya.”( 44:9). Kedua, keselamatan melalui Kristus Yesus (Roma 7 : 23 -25; bd. Luk 9 : 21,22. Yes 44:23; 49:13; 52:9; 54:1; 1 Kor 15: 55,56). 

       Kitab Wahyu memproklamasikan pusat pujian dan ucapan syukur umat Tuhan dalam pribadi Allah sebagai pencipta yang telah memungkinkan semuanya ada dan Karya penebusan Kristus yang memungkinkan kita diselamatkan dari neraka kekal. Ketiga, janji–janji Tuhan ( Maz 119:162; Ep1 :3; 1 Petr 1:3,4;2 Petr.1:4; Ibr 12 :28).

2.    Hubungan antara Ucapan Syukur & Pujian dalam Hidup.
Manusia yang telah jatuh dalam dosa telah mengalami kerusakan karakter/sifat ( Rom 1:21.). Kebencian, kemarahan, kecemburuan, mengeritik, keluhan dan semua yang negatif telah menjauhkannya dari sukacita dan kebahagiaan. Kekayaaan, posisi dan lingkungan yang indah, uang tidak memberikan kepuasan dan ketenangan. Manusia harus mengalami pembaharuan  dalam Kristus ( 2 Kor 5 :17). Kelahiran baru dalam Kristus adalah pintu iman, pengharapan, sukacita dan damai sejahtera. Ucapan syukur dan pujian menyembuhkan kebencian, kemarahan, stres dan depresi ( Ams 17:22;15:13,15;12:25). Robert Emons & Michael McCullough profesor psychology dalam penelitian doctoral mereka menemukan bahwa, mengucap syukur (Gratitude)menjadikan seseorang 
1. Merasa baik dengan dirinya.
2. Punya pandangan yang optimis tentang hidupnya.
3. Menjadi pribadi yang energik. 4. Pekerja dengan penuh perhatian. 5. Pribadi yang dapat mengambil keputusan.
6. Punya rasa humor. 7. Punya keyakinan dapat mengontrol kesulitan setiap hari. 8. Tidur enak dan semakin sehat.
9. Punya sasaran yang jelas dalam hidup dan berusaha  mencapainya. 10. Sangat pemurah dan baik.
11. Kecenderungan menentang orang ( yg lebih darinya ) tidak lagi. 12. Lebih teratur. 13. Kreatif dan pikiran terbuka.
14. Fleksibel dan siap menghadapi tantangan. 15. Lebih toleran di masa-masa stres. 16. Lebih dekat/akrab dengan keluarga. 17. Bertumbuh dalam iman. ( Key to open secret power, Ann Hasel).

3.    Hubungan antara Ucapan Syukur dan Pujian dengan Sesama
       Ucapan syukur membuat sesama kita bergembira dan bersukacita ( Kol 3:16,17). Membangun hubungan dengan sesama ( Rom 15: 2). Membuat anda disukai dan dihormati sesama ( Rom. 14: 17,18). Melenyapkan kekalutan dan membuat anda cakap untuk menolong orang lain ( Kol 1:10-12). Menjadikan anda teman yang baik ( Ams 16: 24).

Ucapan Syukur & Pujian membuat anda nikmat, berlimpah, sukses, berkat bagi orang lain, hidup harmonis dengan sesama dan berkenan pada Tuhan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...