Sabtu, 03 Agustus 2013

APAKAH KEBAHAGIAAN ADALAH MUNGKIN ?

Kebahagian adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tentram dan terbebas dari hal-hal yang menyusahkan. Semua orang pasti menginginkan kebahagiaan. Itu sebabnya orang-orang melakukan berbagai macam cara untuk memperoleh kebahagiaan itu. Ada yang menganggap bahwa kedudukan dapat memberinya kebahagiaan sehingga dia berusaha untuk mendapatkan kedudukan yang tinggi. Ada yang mencoba mencari kebahagiaan dengan menumpuk harta benda. Ada yang menganggap kebahagiaan adalah ketika dia dipuja-puja banyak orang. Namun pada kenyataannya, hal-hal seperti itu tidaklah membawa kebahagiaan. Ada yang kaya tetapi selalu khawatir memikirkan hartanya, ada yang berkedudukan tinggi tetapi mempunyai banyak masalah, ada yang terkenal tetapi tidak mempunyai kebebasan pribadi karena selalu menjadi sorotan publik.

Dengan melihat kenyataan seperti itu, maka muncullah pertanyaan dalam benak kita, “Mungkinkah kebahagiaan itu bisa kita miliki?” Jawabannya adalah bisa, namun kita harus tahu bagaimana caranya untuk memperoleh kebahagiaan itu? Untuk memperoleh kebahagiaan, ada beberapa hal yang diperlukan :

1. Penyebab untuk Hidup (Filipi 1:21)
Surat Filipi adalah sebuah surat yang dikatakan surat kiriman penjara karena ditulis saat Paulus berada dalam penjara. Dalam pelayanannya, Paulus banyak mengalami kesulitan, dia dipenjara, dihina, didera, disiksa dan banyak lagi penderitaan yang dialaminya. Namun di tengah kesulitan yang dialaminya itu, Paulus tidak kehilangan sukacita dan kebahagiaan. Kata ”sukacita” yang banyak tertulis dalam kitab ini memperlihatkan bahwa Paulus selalu dalam keadaan berbahagia di tengah penderitaan yang dialaminya. Dalam penderitaan yang dialaminya, Paulus mengatakan ”Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.” Paulus memperoleh kebahagiaan karena dia tahu apa penyebab dia hidup, yaitu YESUS.

2. Teladan untuk Diikuti (Filipi 2:5)
Paulus mengatakan bahwa hidupnya untuk Kristus. Itu berarti bahwa Paulus menjadikan Yesus sebagai teladan dalam hidupnya sehingga ia mengikuti Yesus dengan segenap hatinya. Bagi Paulus tidak ada teladan lain selain Yesus yang sanggup memberikan kebahagiaan kepadanya.

Di dunia ini ada banyak orang dan nabi yang menjadi pemimpin dan diteladani banyak orang yang diharapkan dapat memberikan kebahagiaan. Namun hanya YESUS saja yang sanggup memenuhi semua itu . Yesus mengatakan, ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh. 14:6). Yesus tidak hanya menunjukkan jalan saja tetapi Dia-lah jalan itu. YESUS tidak berusaha untuk menjadi sama dengan Allah karena Dia sendiri adalah Allah (Yoh 17:21-22). YESUS mengatakan bahwa siapapun yang percaya kepada-Nya akan memperoleh hidup kekal di surga (Yoh. 3:16). Pemimpin yang diteladani di dunia ini tidak menjanjikan dengan pasti suatu kebahagiaan, hanya YESUS saja yang sanggup memberikan kebahagiaan itu. Contohi dan ikutilah DIA.

3. Tujuan untuk Hidup (Filipi 3:12-14)
Seseorang dapat memperoleh kebahgiaan jika ia tahu apa tujuannya hidup di dunia ini. Paulus memperoleh kebahagiaan karena ia tahu tujuan hidupnya. Paulus tahu bahwa dia hidup untuk memperoleh hadiah surgawi yaitu keselamatan dalam Yesus Kristus. Dan dia yakin bahwa Yesus telah menyediakan mahkota kehidupan di surga untuknya (2 Tim 4:8). Karena keyakinannya itu, Paulus menganggap pencobaan-pencobaan yang dialaminya sebagai suatu kebahagiaan (Yak. 1:2).

4. Sumber untuk Memenuhi Semua Kebutuhan (Filipi 4:19)
Banyak orang selalu berusaha mencari uang dan harta untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. Mereka menganggap banyak berkat jasmani akan memberi kebahagiaan. Namun mereka sering kali melupakan siapa sumber berkat itu. Untuk memperoleh kebahagiaan kita perlu tahu dan memiliki sumber yang akan memenuhi segala kebutuhan kita. Sumber itu adalah YESUS.

Semua orang menginginkan kebahagiaan namun tidak semua bahkan hanya sedikit yang memperolehnya. Karena itu, jika ingin memperoleh kebahagiaan, kita harus tahu penyebab kita hidup. Kita harus mempunyai seseorang sebagai contoh. Kita harus tahu tujuan hidup kita. Kita harus memiliki sumber yang akan memenuhi segala kebutuhan kita. Dan semuanya itu hanya didapatkan dalam YESUS KRISTUS.



1 komentar:

SIKAP HIDUP ORANG KRISTEN

Matius 7:1-12 .  Menarik untuk diperhatikan bahwa khotbah di bukit ini merupakan rangkaian khotbah yang sangat terstruktur. Di pasal 5 dan...